Journal's Info

KONSTAN

Publisher :
Program Studi Tadris Matematika

Akreditasi :
-

Website :
PENERAPAN STRATEGI MOTIVASIONAL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 1DOMPU TAHUN AJARAN 2014/2015
Kafrawi, Muhammad

Program Studi Tadris Matematika

Abstract

Motivasi bagi anak didik merupakan salah satu penentu keberhasilan pembelajaran. Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran diperoleh data bahwa hasil belajar fisika siswa masih rendah. Guru seringkali dirisaukan dengan kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung di kelas. Siswa kelihatan bosan dan lesu serta sedikit sekali  menggunakan pikiran untuk memecahkan persoalan yang dikemukakan di kelas. Ini menggambarkan bahwa pembelajaran belum mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki siswa sehingga berpengaruh pula pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pengelolaan motivasional ARCS dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di SMP Negeri 1 Dompu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data motivasi belajar, hasil belajar, sertaaktivitas guru dan siswa selama KBM berlangsung. Data motivasi belajar fisika siswa diperoleh dengan cara pengisian angket oleh siswa yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan, data aktivitas guru dan siswa diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan, dan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi disetiap akhir siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar fisika siswaterlihatdari data sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh hasil angketyaitu kriteria positif rerata = 2,34 (kurang baik) dan kriteria negatif rerata = 2,32 (kurang baik) kemudian setelah pelaksanaan tindakan diperoleh hasil analisis angket motivasi ARCS yaitu kriteria positif rerata = 4,075 (baik) dan kriteria negatif rerata = 3,57 (baik). Penelitian ini juga menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa 17,25 yang berada pada kategori cukup aktif, nilai rata-rata kelas 65,33 dengan ketuntasan klasikal 62,96% , pada siklus II diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa 20,50 yang berada pada kategori aktif, nilai rata-rata kelas 68,89 dengan ketuntasan klasikal 74,07 %, dan pada siklus III diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa 22,50 yang berada pada kategori aktif, nilai rata-rata kelas 72,74 dengan ketuntasan klasikal 85,19 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pengelolaan motivasional ARCS dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar fisika siswa di SMP Negeri 1 Dompu tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci : Strategi Pengelolaan Motivasional ARCS, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar. 

KONSTAN, Vol 2, No 1 (2016): September 2016, 2460-9129, , 2460-9110, , 2016
Rights

Copyright (c) 2017 KONSTAN

Rights

http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

View Original Download Full Text