Journal's Info

VOLT (Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro)

Publisher :
Department of Electrical Engineering Education, Faculty of Teacher Training and Education

Akreditasi :
-

Website :
Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Imansari, Nurulita Sunaryantiningsih, Ina

Department of Electrical Engineering Education, Faculty of Teacher Training and Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk membuat e-modul interaktif yang memenuhi syarat valid sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Bengkel Listrik di IKIP PGRI Madiun, (2) untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro setelah menggunakan e-modul interaktif pada materi K3 dan (3) untuk mengetahui respon mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro terhadap e-moduli interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa semester V S1 Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun. Adapun rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah one shot case study. Dalam penelitian ini diperoleh data sebagai berikut : (1) media pembelajaran e-modul interaktif yang dibuat telah layak untuk digunakan pada proses belajar mengajar dikelas pada mata kuliah bengkel listrik, (2) hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media e-modul interaktif dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 82,22,  (3) respon mahasiswa terhadap penggunaan media e-modul interaktif pada proses pembelajaran juga masuk pada kategori baik.

VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Vol 2, No 1 (2017): Available Online in April 2017, 2528-5696, , 2528-5688, , 2017
Rights

Copyright (c) 2017 VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro

View Original Download Full Text