Journal's Info

VOLT (Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro)

Publisher :
Department of Electrical Engineering Education, Faculty of Teacher Training and Education

Akreditasi :
-

Website :
Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan
Fransisca, Monica

Department of Electrical Engineering Education, Faculty of Teacher Training and Education

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran  berupa E-Learning pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI), di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Muhammadiyah 1 Padang. Media E-Learning ini dirancang  untuk dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran KKPI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R and D), dan prosedur pengembangan Four-D (Define, Design, Develop, and Disseminate. Jenis data yaitu data primer. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media E-Learning. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Validitas Media E-Learning dinyatakan sangat valid pada aspek materi dan aspek media (2) Praktikalitas Media E-Learning berdasarkan respon guru dan siswa dinyatakan sangat praktis (3) Efektivitas Media E-Learning dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa Media E-Learning ini valid, praktis, dan efektif.

VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Vol 2, No 1 (2017): Available Online in April 2017, 2528-5696, , 2528-5688, , 2017
Rights

Copyright (c) 2017 VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro

View Original Download Full Text