Journal's Info

Cendekia

Publisher :
STAIN Ponorogo

Akreditasi :
C

Website :
ACADEMIC CONTROVERSY MODEL AS AN ALTERNATIVE STRATEGY FOR TEACHING SPEAKING AT UNIVERSITY LEVEL
Susilo, Andi

STAIN Ponorogo

Abstract

Abstrak: Academic controversy model merupakan sebuah strategi pengajaran dengan menggunakan konflik  intelektual dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pencapaian belajar peserta didik dan meningkatkan kualitas kemampuan pemecahan masalah, membuat keputusan, berfikir kritis, mampu menyampaikan argumentasi dengan efektif, menciptakan hubungan interpersonal yang baik, menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan kompetensi  sosial mereka. Academic controversy model adalah salah satu strategi alternatif dalam pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan dalam matakuliah Speaking untuk membantu mahasiswa memperluas dan memperdalam kemampuan pemahaman terkait dengan sebuah materi, masalah, atau  topik. Artikel  ini membahas beberapa  isu  terkait penerapan  strategi  tersebut dalam pembelajaran speaking di tingkat universitas, antara lain: konsep pengajaran kemampuan berbicara, pengajaran kemampuan berbicara melalui pembelajaran kolaboratif, academic controversy model sebagai salah satu alternatif strategi dalam pembelajaran kooperatif dan prosedur implementasinya dalam aktivitas pembelajaran berbicara. Pada akhir bahasan, artikel  ini memuat  sebuah aktifitas pembelajaran berbicara melalui academic controversy model. ف فرعلا عازنلا مادختساب ميلعتلا ف تايجيتايتسلا يدحإ وه يجذومنلا ييداكلا ضقانتلا نإ :صخلم يكفتلاو ، تارارقلا ذخأو لكاشلا  ّ لح ىلع ةردقلا ةيعون ةيقرتو بلطلا ملعت ةجيتن ةيقتل ميلعتلا ةيلمع كلذكو ،سفنلاب  ةقثلا  ةيمنتو ،دارفلا  يب  تاقلعلا  ءاشنإو ،ايلاعف  يهابلا  ءادبإ  ىلع ةردقلاو ،يدقنلا نكي يكاتشلا ميلعتلا ف يطايتحا بولسأ وه بولسلا نم عونلا اذهو .بلطلا ىدل ةيعامتجلا ةيافكلا ةداب ةقلعتلا مهفلا ىلع ةردقلا قيمعتو ةعسوت ف يعمالا بلاطلا ةدعاسل ،ملكلا ةراهم ةدام ف هقيبطت ميلعت ف بولسلا اذه قيبطتب ةقلعتلا تاعاشلا ف ثحبلا ةلاقلا هذه تلواح .ام عوضوم وأ ،ةلأسلا وأ ،ام ،يكاتشلا ميلعتلا قيرط نع ملكلا ةراهم ميلعت ،ملكلا ةراهم ميلعت موهفم اهنم .ةعمالا ف ملكلا ةراهم فو .ملكلا ةراهم ةيلمع ف هقيبطت تاوطخو يكاتشلا ميلعتلا ف يطايتحا بولسأك بولسلا نم عونلا اذهو.يجذومنلا ييداكلا ضقانتلا بولسأ بع ملكلا ةراهم ميلعت ةيلمع تركذ ةلاقلا ةياهن

Cendekia: Journal of Education and Society, CENDEKIA VOL 11 NO 2 TAHUN 2013, Cendekia: Kependidikan dan Kemasyarakatan, CENDEKIA VOL 11 NO 2 TAHUN 2013, 2477-796X, , 1693-1505, , 10.21154/cendekia.v11i2, , 2013
Rights

##submission.copyrightStatement##

Rights

http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

View Original Download Full Text