Journal's Info

KONSTAN

Publisher :
Program Studi Tadris Matematika

Akreditasi :
-

Website :
Pengaruh Media Animasi Submikroskopik (MAS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa
Mashami, Ratna Azizah Raehanah, Raehanah

Program Studi Tadris Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa mengunakan Media Animasi Submikroskopik (MAS). Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang dilakukan menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Perlakuan berupa pembelajaran menggunakan MAS dilakukan pada kelas eksperimen sedangkan pembelajaran tanpa MAS dilakukan pada kelas kontrol. Data berupa keterampilan berpikir kreatif mahasiswa diperoleh dari tes uraian.  Data hasil tes awal dan tes akhir dianalisis menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dan skor gain ternormalisasi. Tanggapan mahasiswa mengenai pembelajaran menggunakan MAS diperoleh dari angket. Hasil uji-t tes awal diperoleh nilai signifikan 0,468 yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kreatif mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji-t tes akhir diperoleh nilai signifikan 0,001 yang berarti ada perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara mahasiswa kelas eksperimen dan mahasiswa kelas kontrol. Rata-rata skor N-gain di kelas eksperimen sebesar 54,25% dengan katagori sedang, sedangkan rata-rata skor N-gain di kelas kontrol adalah 21,15% dengan katagori rendah. Pada peneltian ini disimpulkan bahwa MAS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa.

KONSTAN, Vol 1, No 1 (2015), 2460-9129, , 2460-9110, , 2015
Rights

Copyright (c) 2016 KONSTAN

Rights

http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

View Original Download Full Text