MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
##plugins.schemas.marc.fields.title.name## ANALISIS METODOLOGIS-FILOSOFIS KONSEP TAFSIR JAMÂL AL-BANNÂ
 
##plugins.schemas.marc.fields.creator.name## Zamzami, Mukhammad; Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Jl. Ahmad Yani No. 117, Surabaya, Jawa Timur, 60237 e-mail: zamzami81@yahoo.com
 
##plugins.schemas.marc.fields.subject.name##
 
##plugins.schemas.marc.fields.description.name## Abstrak: Artikel ini mencoba untuk mengulas metode penafsiran Jamâl al-Bannâ secara metodologis dan filosofis. Dimulai dengan upaya untuk mendekonstruksi interpretasi hasil dari semua mufasir klasik, Jamâl al-Bannâ mengusulkan tiga tahap dalam penafsiran al-Qur’an, yaitu pendekatan seni, pendekatan psikologis, dan pendekatan rasional. Ketiganya merupakan tahapan hierarkis untuk bisa sampai pada sebuah penafsiran. Setelah bisa sampai pada tahap penafsiran, Jamâl al-Bannâ tidak merekomendasikan metode tertentu atau membatasi ilmu pengetahuan tertentu sebagai metode analisa penafsiran. Ia menolak jika salah satu metode tertentu memiliki garansi sebagai satu-satunya cara untuk menemukan kebenaran, karena al-Qur’an tidak harus dibatasi. Dalam sosiologi pengetahuan, pemikirannya mirip denganAgainst Method (Anarkisme Metode) Paul K. Feyerabend. Bagi Jamâl al-Bannâ, manusia sangat otonom dan bebas untuk menafsirkan selama itu sejalan dengan prinsip-prinsip humanis dan universal yang terkandung dalam al-Qur’an.Abstract: Methodological and Philosophical Analysis of Jamâl al-Bannâ’s Qur’anic Exegesis. This article seeks to analyze the method of Jamâl al-Bannâ’s interpretation. Beginning with an attempt to deconstruct the interpretation of the results of all classicalmufassir, Jamâl al-Bannâ proposed three stages in the interpretation of the Qur’an that include such approaches as stylistic, psychological, and rational method. All three approaches are utilized hierarchically in order to come to an interpretation. At the rational stage of Qur’anic exegesis, Jamâl al-Bannâ didn’t recommend a specific method or limit the science to a particular method. He refused that one particular method has the warranty as the only interpretation to seek the way for the truth, because the Qur’an should not be restricted. In the sociology of knowledge, his thinking is similar to that of Paul K. Feyerabend’s Against Method. According to Jamâl al-Bannâ, human beings are very autonomous and free to interpret the Qur’an as long as it is in line with the principles of humanistic and universal values as enshrined there in.Kata Kunci: Tafsir al-Qur’an, Jamâl al-Bannâ, pendekatan seni, metode penafsiran
 
##plugins.schemas.marc.fields.publisher.name## State Islamic University North Sumatra
 
##plugins.schemas.marc.fields.contributor.name##
 
##plugins.schemas.marc.fields.date.name## 2016-02-09
 
##plugins.schemas.marc.fields.type.name## info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
##plugins.schemas.marc.fields.format.name## application/pdf
 
##plugins.schemas.marc.fields.identifier.name## http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/article/view/57
 
##plugins.schemas.marc.fields.source.name## MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman; Vol 38, No 2 (2014)
2502-3616
0852-0720
 
##plugins.schemas.marc.fields.language.name## eng
 
##plugins.schemas.marc.fields.relation.name## http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/article/view/57/38
 
##plugins.schemas.marc.fields.coverage.name##
 
##plugins.schemas.marc.fields.rights.name## Copyright (c) 2016 Miqot Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman