Journal's Info

Kodifikasia

Publisher :
Kodifikasia Kodifikasia

Akreditasi :
-

Website :
INVESTIGASI EMPIRIS ATAS PRESTASI BELAJAR SISWI MADRASAH ALIYAH MODEL SINGLE SEX EDUCATION DAN COEDUCATION DI KABUPATEN PONOROGO
Muafiyah, Evi

Kodifikasia

Kodifikasia

Abstract

Proses pendidikan Islam di Indonesia secara umum menganut Single-SexEducation (SSE) maupun dicampur atau Co-Education (CE). Berdirinyapembelajaran model SSE tersebut didasarkan pada mengakarnyapemahaman terhadap karya-karya fiqih Abad Pertengahan yang banyakmengharamkan pertemuan antara laki-laki dan perempuan di satu tempat,bahkan mengharamkan munculnya perempuan di ranah publik. Jika harusberada di wilayah publik, maka harus dalam komunitas perempuan saja danjika laki-laki dan perempuan harus berada pada satu tempat, maka posisiharus dipisahkan dengan tirai pembatas atau biasanya laki-laki di depan danperempuan di belakang. Terkait dengan pemisahan tersebut, tentunya,implikasinya sangat luas. Penelitian ini mengambil sekolah agama dalambentuk SSE, maupun CE yang masing-masing mempunyai kelebihan dankekurangan. Lembaga pengelola pendidikan, yayasan, pihak swasta maupunpesantren dituntut untuk membuat terobosan yang dalam pembelajarannya,tanpa harus memposisikan dirinya sebagai model SSE murni maupun CEmurni yang rigid. Lokasi penelitian ini MAN 2 Ponorogo, MA Al-MawaddahCoper Ponorogo dan MA Darul Huda Mayak Ponorogo. Dari hasilpenelitian terungkap bahwa terdapat perbedaan dan kekhasan di masingmasinglembaga tersebut. Dalam hal inilah posisi peserta didik perempuanmenjadi satu pijakan penting dalam proses pembelajaran tersebut, mengingatperempuan dengan ketekunannya mempunyai potensi besar dalam berkiprahdi wilayah publik, untuk kemudian bersama-sama dengan laki-laki bersinergidan bekerja sama, berbagi secara adil dalam lapangan-lapangan yangsebelumnya tidak banyak digarap perempuan.

Kodifikasia, Vol 7, No 1 (2013), Kodifikasia, Vol 7, No 1 (2013), 2013
Rights

Copyright (c) 2015 Kodifikasia

View Original Download Full Text